Episode 1 – Kenapa Podcast Ini Ada.? | Agen Jasa Pembuatan Website Malang | Gotech Malang

Kenapa Podcast ini Ada?

Selamat datang di Kepo WEBMALANG.COM Podcast. Mungkin anda belum tahu tentang apa itu Podcast. Podcast adalah sebuah siaran dalam bentuk rekaman audio yang bisa didengarkan kapan saja, dimana saja dan bisa diputar berulang-ulang melalui media internet.

Di Episode pertama Kepo WEBMALANG.COM Podcast ini saya ingin memulainya dengan kata ‘why‘, kenapa. Lebih tepatnya kenapa Podcast ini ada? Kenapa saya harus repot-repot rekaman dan menguploadnya ke internet?

Ada satu hal mendasar kenapa Podcast ini ada, yaitu :

Indonesia butuh ekosistem yang akan mendorong bertumbuhnya pengusaha.

Kalau kita lihat jumlah pebisnis di Indonesia, angkanya sangat kecil jika dibandingkan dengan Amerika dan China. Berdasarkan data dari Kementrian Perindustrian, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 3,1 %. Sedangkan di Amerika dan China jumlah pengusahanya berkisar 10%-12% dari jumlah penduduknya.

Dengan kondisi seperti itu, bagaimana kita bisa maju?

Yang pertama mari kita simak dulu apa yg disampaikan oleh John Pilger. Di dalam film dokumenternya yang berjudul The New Rule of the World. Dia bilang kurang lebih seperti ini : Inilah Indonesia, negara yang tidak seharusnya miskin. Video nya bisa anda lihat di bawah ini.

Yang kedua, di Amerika punya Silicon Valley di mana startup digital bisa berkembang. Di China ada Shenzen yang merupakan satu satunya tempat di bumi ini, dimana anda bisa eksperimen dengan hardware secara langsung. Untuk lebih memahami antara Silicon Valley dan Shenzen anda bisa melihatnya di video di bawah ini. Dan Indonesia belum mempunyai ekosistem yang matang seperti itu.

Video bagaimana di Shenzen mendukung eksperimen hardware langsung oleh start-up.

Film dokumenter Silicon Valley dan Shenzen

Yang ketiga, salah satu yang tidak bisa lepas dari ekosistem adalah edukasi. Dimana orang bisa berbagi pengalaman, bisa mentoring, dan yg paling penting ada perpindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain. Kalau di Amerika ada yang namanya 500 Startups, Y Combinator, dan lembaga lainnya yang sangat mendukung pengusahanya untuk maju di dalam ekosistem. Disisi lain, pengusaha di Indonesia tidak harus menggantungkan pada pemerintah, karena birokrasinya sangat ribet. Dan ini juga yang jadi tantangan di negara negara berkembang.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.